Strategi Pembelajaran Menyenangkan : Pengenalan Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini Di Rumah

Mengajari agama untuk anak usia dini salah satunya mengenalkan huruf hijaiyah agar nantinya bisa segera memahami bacaan alquran yang berbahasa arab. 

Namun pada praktiknya orang tua bingung cara mengenalkan huruf hijaiyah kepada anak usia dini, karena kebanyakan belum bisa duduk tenang untuk belajar iqro, karena asyik bermain dan belum bisa fokus



Untuk itu perlunya strategi pembelajaran menyenangkan mengenal huruf hijaiyah agar anak tertarik dan mau belajar, sehingga tujuan anak bisa mengenal dan hafal huruf hijaiyah bisa tercapai, yang nantinya bisa dijadikan bekal untuk belajar membaca Al Quran.

Darmansyah (2010) menyatakan bahwa strategi pembelajaran yang menyenangkan adalah strategi yang digunakan untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif, menerapkan kurikulum, menyampaikan materi dan memudahkan proses belajar. 

Strategi pembelajaran menyenangkan pengenalan huruf hijahiyah untuk anak usia dini di rumah bisa dilakukan dengan :

1. Metode Media Cetak
Penggunaan media seperti buku, selebaran, poster, flash card hijaiyah pastinya menarik perhatian anak, terlebih jika berwarna-warni. Anak bisa langsung melihat bentuk huruf hijaiyah tersebut.

2. Metode Bernyayi
Bernyanyi walaupun tanpa musik bisa seru dan anak bisa lebih mudah menghafal huruf hijaiyah yang nantinya akan memudahkan saat melihat langsung bentuk huruf hijaiyah. Guru atau orang tua bisa membuat nyanyian yang memasukkan huruf hijaiyah didalamnya.

3. Bermain Alat Pendidikan Edukasi (APE)
Baik APE yang dibeli dari pabrikan, dibuat sendiri, atau tersedia dialam bisa dijadikan alat untuk belajar. Contoh APE adalah pohon apel hijaiyah, buah apel diberikan tulisan huruf hijaiyah, sehingga saat anak bermain memetik buah apel juga mengenal huruf hijaiyah. 

4. Read Aloud
Membaca nyaring buku hijahiyah yang sesuai dengan usia anak membuat anak senang mendengar cerita dan melihat huruf hijaiyah yang sedang dibaca.

5. Metode Montessori
Membuat huruf Hijaiyah dengan jari pada media pasir/ampaskelapa/beras/jagung dll selain mengenalkan huruf hijaiyah juga bisa merangsang motorik halus anak yang baik untuk tumbuh kembang anak

6. Media Bermain
Bermain memasangkan puzzle huruf hijaiyah yang sesuai, mewarnai, menggunting، menempel huruf hijaiyah dll

7. Metode Media Elektronik Interaktif
Saat usia 2 tahun dimana menonton video sudah boleh diberikan walaupun waktunya terbatas, maka sebaiknya berikan tontonan edukatif seperti belajar huruf hijahiyah

Berikut hal-hal yang bisa dilakukan orang tua atau guru untuk mengenalkan huruf hijaiyah kepada anak usia dini. 

Kita hanya berusaha dengan usaha yang baik, namun semuanya ada pada tangan Allah, ilmu adalah milik Allah, semoga Allah pahamkan kita, anak keturunan kita, murid-murid kita agar dipahamkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin

Bersambung... insyaallah
Artikel masih dalam proses editing...
Mohon doanya
Masyaallah tabarakallah

Komentar