7 Rekomendasi Mainan Anak 2 Tahun untuk Stimulasi Perkembangan Motorik & Sensori

    

Mainan Edukasi Anak 2 Tahun


 Mainan untuk anak sebaiknya juga bisa bernilai edukasi untuk meningkatkan kemampuan motorik dan sensoriknya. Terlebih anak usia 2 tahun adalah masa golden age dimana ada banyak perkembangan otak pada masa ini. Sehingga salah satu upaya memfasilitasinya adalah dengan menyediakan mainan edukasi yang cocok sesuai usia. 

    Mainan yang cocok untuk anak usia 2 tahun dengan harga yang terjangkau, namun tetap mempunyai nilai edukasi yang bisa menstimulasi perkembangan anak usia 2 tahun. Bunda yang sedang mencari mainan anak yang sekaligus bisa melatih kecerdasan anak, melatih motorik, juga sensorinya, Sehingga anak bisa bermain menyenangkan sekaligus belajar di rumah dengan rekomendasi mainan berikut ini :

7 Mainan Edukasi Anak Best Seller dan Terjangkau di Shopee :

1. Mainan Susun Donat atau Rainbow Tower


    Bentuk seperti menara yang tersusun dari bulatan-bulatan warna-warni seperti donat dengan lubang ditengahnya dan dengan ukuran berbeda. Tahap awal biasanya anak mencoba membongkar susunannya, setelah itu anak mencoba memasukkan donat ke tiang towernya, seiring waktu anak akan semakin mahir, bahkan sampai bisa menyusun donat berdasarkan ukuran bentuknya.
    Mainan ini bisa melatih motorik halus anak memegang donat, mengeluarkan, dan mencoba memasukkan kedalam tiang towernya juga merangsang daya pikir anak saat donat mana yang terlebih dahulu disusun. Anak juga bisa mengenal warna dan merangsang sensoriknya. 
    Mainan susun donat ini berukuran mini berbahan kayu, harga mulai 18rbuan, link pembelian shopee bisa di (klik disini)

 

2. Mainan Puzzle Pelangi Aestetik



  Puzzle pelangi warna-warni yang bisa merangsang sensorik, motorik anak dan terkesan aestetik. Selain jadi mainan juga cantik sekali untuk dekorasi di ruang bermain anak. Cara bermainnya anak bisa membongkar-pasang puzzlenya ataupun menyusunnya secara horizontal, dilengkapi juga dengan tujuh pcs bentuk orang-orangan yang berwarna-warni juga. 
Puzzle Pelangi berbahan kayu, Mainan Puzzle (klik disini)

3. Matching Puzzle Bentuk Geometri


    Anak usia 2 tahun perkembangan berfikirnya sudah semakin meningkat salah satunya bisa membedakan bentuk, untuk menstimulasi kemampuan tersebut kita bisa fasilitasi anak dengan mainan edukasi puzzle. Salah satu mainan puzzle yaitu puzzle bentuk geometri sederhana, ada juga puzzle lainnya seperti puzzle huruf abjad, angka, dan huruf hijahiyyah.

    Puzzle dengan beraneka bentuk dan warna menarik perhatian anak untuk bermain, jika anak masih bingung, bunda bisa berikan contoh terlebih dahulu, lalu biarkan anak mencoba sambil diawasi, sekaligus bunda juga bisa sounding nama bentuk dan warna bentuk tersebut. 

    Mainan puzzle geometri mulai 18rbuan, pembelian shopee (klik disini)


4. Tower Puzzle Geometri

    Konsepnya hampir mirip dengan mainan no.3 dimana anak bisa mengenal bentuk, namun bedanya pada setiap bentuk mempunyai lubang berbeda untuk disusun di tower puzzlenya. Tower puzzle geometri ini terdiri dari 4 bentuk yaitu bulat, persegi panjang, segitiga  dan persegi dengan cat warna-warni. Mainan anak yang bisa merangsang sensori dengan mengenal bentuk dan warna. Motorik halus anak terlatih saat mencocokkan lubang geometri dengan tiang yang sesuai jumlahnya juga melatih daya berpikir anak.
    Mainan ini berbahan kayu, harga mulai 20rbuan link pembelian shopee (klik disini)


5. Stucking Cup atau Susun Cangkir



    Balita usia 2 tahun biasanya suka menumpuk benda, dimana balita sedang mengasah motorik halusnya, menggenggam dan menjumput benda. Agar kebutuhan anak terfasilitasi, cocok banget kita berikan mainan ini. Mainan ini terdiri dari beberapa cangkir warna-warni dengan berbagai ukuran yang bisa disusun secara vertikal oleh anak, dengan desain angka 1-8  dan huruf A- H sehingga anak bisa mengenal angka dan juga huruf. 

Harga mulai 13rbuan, best seller link pembeliannya (klik disini)


6. Round Beads atau Jalur Kawat



    Round Beads  atau Jalur Kawat dengan beads warna-warni merupakan mainan edukasi yang bisa mengasah otak anak dimana anak belajar memecahkan masalah untuk jalur yang benar untuk beads tersebut. Selain itu anak juga bisa melatih motorik halusnya, dimana tangan anak bisa memegang beads dan mengarahkan beads pada jalur kawat yang benar, selain itu indra sensorinya juga teransang dengan warna-warni dari beads tersebut.  Mainan Round Beads ini berukuran mini cocok untuk anak 2 tahun, namun perlu pengawasan orang tua, ditakutkan tertelan, jika mainan ini rusak dan beads terlepas dari kawat apalagi anak yang masih masa oral dimana masih suka memasukkan benda ke mulut. Naudzubillah semoga kita semua dijaga Allah

    Harga Round Beads sangat terjangkau mulai 18rbuan, laris di shopee, pembelian (klik disini)


7. Jam dan Ronce Angka

    Mainan ini merupakan mainan mengenal jam yang disertai puzzle angka 1-12, setiap angkanya dalam bentuk geometri yang berbeda dengan warna-warni yang berbeda sehingga anak bisa bermain puzzle mencocokan angka dan bentuk. Setiap puzzle angka tersebut ada lubang untuk memasukkan tali, dimana anak bisa meroncenya. Meronce untuk anak bisa melatih fokus anak dan melatih kesabaran anak. 

Harga mainan jam dan ronce angka mulai 21rbuan saja, link pembelian (klik disini)


Nah itu dia 7 rekomendasi mainan anak yang edukatif, best seller dan terjangkaunya bunda, semoga bermanfaat ya informasinya. Semoga anak-anak kita soleh dan solehah, pintar, sehat, qurrata a'yun, aamiin

next nantikan video reviewnya di reels, tiktol atau shorts... insyaallah

jangan lupa bilang masyaallah tabarakallah ^^

Terimakasih sudah membaca artikel umrin, semoga bermanfaat
Umrin juga share seputar Ibu Rumah Tangga, Anak, Parenting, Resep dan Review, yuk menyambung ukhuwah follow media sosia umrin ^^


#BloggerMedan #BloggerSumut #BloggerRantauprapat #MOMINFLUENCER #IdeMainAnak #MOMBlogger 

Komentar

  1. Mainan-mainan edukasi begini bisa meningkatkan kemampuan kognitif anak ya mi. Aaah jadi gak sabar menantikan video reviewnya mi. Karena anak kami yang kecil juga suka main begini. Lebih baik dari gadget

    BalasHapus
  2. Bagus bagus mainannya. Warnanya juga cerah ceria.
    Dulu anak awak yang ga pernah awak sediakan main ronce.
    Kenapa ya..

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah Rausyan dulu pas usia 2-3 tahun pun kami kasih mainan seperti ini Umrin, Alhamdulillah saat TK seperti sekarang ini dia langsung familier dengan bentuk2 geometri.

    BalasHapus
  4. Ngeliat mainan kayak gini jadi ingat jaman punya balita. Setiap ke mall, selain nyari diskonan baju anak pasti juga nyari diskonan mainan anak yang sarat edukasi. Dengan bermain, proses stimulasi memang lebih gampang di ingat sama anak.

    BalasHapus

Posting Komentar