10 Ide Main Anak di Pantai dan Stimulasi Perkembangannya

Berlibur dan Bermain Sekaligus Stimulasi Perkembangan Motorik Anak di Pantai


Saat liburan tiba, dan bunda memilih berlibur ke Pantai membawa anak. Tentu sudah terbayang suasana pantai, deburan ombak dan desiran angin pantainya ya bun. Lalu permainan anak di Pantai seperti apa ya yang seru untuk dilakukan dengan anak ? . Berikut ide bermain anak di Pantai yang asyik untuk dilakukan dengan anak :

1. Menyendok pasir ke wadah atau ke mobil truk 

Ide Main di Pantai

Kegiatan menyendok untuk balita itu sangat mengasikkan selain bisa melatih motorik halusnya yaitu koordinasi jari tangan juga latihan untuk lifeskillnya dalam mengoperasikan benda dengan tangannya.
Kegiatan ini bagus untuk kemampuan makan dengan sendok ataupun kemampuan menggunakan pensil pra sekolah.
Alatnya bisa dengan ranting dan gelas plastik  bekas air mineral yang mudah ditemukan disekitar pantai ataupun mainan set untuk bermain dipantai seperti set sendok, dan ember.

2. Mencetak Pasir

Mencetak pasir dengan alat atau benda yang bisa ditemukan dipantai seperti gelas plastik, kerang dll atau dengan mainan figur binatang dan ember berbentuk kastil istana.
Kegiatan ini merangsang imajinasi anak dengan berbagai bentuk cetakan pasir yang menghasilkan figur binatang ataupun bangunan kastil istana.
Contoh mainannya seperti dibawah ini disertai link pembelian shopee : Set Mainan Anak Di Pantai



3. Membuat Gunung dan Kolam

Bermain pasir dan membuat gunung yang tinggi dengan pasir pasti sangat seru, diperlukan kesabaran dan kerjasama dengan teman atau orang tua. Hal ini bisa melatih kerjasama anak, kesabaran dan membangun bonding dengan orang tua.

Alat yang digunakan bisa dengan tangan kosong ataupun dengan bantuan sekup, mainan eskavator dan ember.


Membuat gunung yang tinggi dan membentuknya dengan tangan. Lalu menggali pasir agar membentuk kolam yang bisa diisi air.

4. Membunyikan Anggota Tubuh

Menyembunyikan kaki orang tua dalam pasir dan membiarkan anak untuk menggali pasirnya dan menemukan kaki orang tuanya pasti seru. Setelah itu coba tawarkan anak untuk melakukan hal yang sama mengubur kakinya dengan pasir dan orang tua bisa membantunya.


5. Mencari Harta Karun

Orang tua bisa menyembunyikan mainan anak dan menguburnya dengan pasir, lalu arahkan anak untuk bisa menemukan mainan ditumpukan pasir tersebut. Bisa juga memberikan petunjuk ditumpukan pasirnya dengan bendera atau tanda lainnya.

Kegiatan ini bisa menjadi kejutan untuk anak dan merangsang keingintahuannya juga semangatnya dalam menjalankan misi.


6. Menulis di Pasir

Cukup dengan batang kayu, biarkan anak mencorat-coret pasir. Bisa juga dicontohkan untuk membuat beberapa bentuk seperti lingkaran, segitiga, persegi sesuai kemampuan anak.


Hal menarik yang bisa dilakukan anak dan melatih motorik kasarnya adalah membuat garis dipantai dengan berjalan mundur. Melatih anak berjalan mundur bagus untuk kemampuan motoriknya.

7. Berenang

Bermain air dipantai dengan ombak yang bergantian menabrak badan anak menjadikan hal tersebut sebagai stimulasi sensori anak dan interaksi dengan alam.

8. Mencari Kerang

Mencari kerang di pasir pantai pasti seru, anak bisa berlarian dan mengamati sekitar untuk menemukan kerang. Kejelian menemukan kerang diantara pasir melatih kemampuan anak.

9. Mengejar Ombak

Mengejar dan dikejar ombak menjadi hal seru untuk balita. Namun harus dengan pantauan orang tua ya. Tetap waspada dan berada dekat dengan anak.


10. Mencari Hikmah ^^

Nah kalau mencari hikmah disini bisa dalam bentuk obrolan dengan anak sambil bermain pasir ataupun semua kegiatan bermain diatas. Bisa dalam bentuk pertanyaan, pernyataan ataupun tebak-tebakan. Semuanya bertujuan untuk mengenalkan bahwa yang menciptakan semuanya adalah Allah dengan keMaha Besarannya Allah bisa menciptakan semuanya. Sehingga kita bisa mengenal Allah,mencintai dan beribadah hanya kepada Allah  ^^. Tentu dengan gaya dan bahasa yang cocok untuk anak.

Nah itu dia 10 ide bermain bersama anak di Pantai. Follow Umrin di IG @ummu_muhammad_rinia untuk tips lainnya

Komentar

  1. Wah seruuuuu sekali main di pantai.
    Sambil bermain bisa juga diajak dialog iman ya ke anak-anak

    BalasHapus
  2. Sebagai Yang belum punya krucil, permaianan ini jg bisa dimainin orang dewasa kayak saya ya kak... Sama bestie2 k pantai, Jadi gk cuma selfie2 Aja d pantai...

    BalasHapus
  3. Selama ini yang paling sering dilakukan kalo lagi ke pantai sama anak-anak adalah berenang eh main air sih tepatnya, main ombak, sama main pasir.

    BalasHapus
  4. Wah seru ini, perlu dicoba nanti sama kakak Farza 😁 thx um

    BalasHapus
  5. Kami baru aja liburan ke pantai juga. Niat mau poto bareng anak malah anaknya udah asyik sendiri main di pantai, ngejar kepiting, main pasir.
    Hihi mungkin karena udah beranjak gede ya

    BalasHapus
  6. Saya paling suka lari dikejar ombak. Ada tantanggan tersendiri. Kadang ombaknya nggak sesuai prediksi. Saya kira ombaknya udah nggak bakalan kena eh rupanya kena. Seru aja gitu hehhehehh

    BalasHapus
  7. Menyembunyikan anggota tubuh jd permainan yang menarik sekali buat anak terlebih anak batita ya, karena dia merasa amaze sendiri kok bs tangan atau kakinya "menghilang" hehe

    BalasHapus
  8. Kalau dah ke pantai, saya bebasin anak anak mau ngapain aja,. Yang penting tetap dalam pantauan. Secara anaknya dah lumayan gede..hehe

    BalasHapus
  9. Kalo udah ke pantai banyak hal yang bisa dijadikan permainan edukatif untuk anak ya kak. Sekaligus menguatkan bonding anak dan orangtua juga.

    BalasHapus
  10. pantai emang tmpt yang bisa dijadikan tempat edukasi dengan anak sekalian bisa menyegarkan fikiran. masyaAllah tabarakallah

    BalasHapus
  11. Walaupun belum jadi buibu tapi aku udah praktekin ini juga ke ponakan2 kak haha semangat buibu semuaaaaa

    BalasHapus
  12. Seru banget ya kak bisa main bareng anak di pantai. Bisa dicoba ini, terutama mengubur tubuh di pasir atau buat gunung gitu. Permainan itu emang sudah familiar ya

    BalasHapus
  13. Haduh mupeng, pulakk nya kami belom ngenalkan oza ke laut, emaknya aja udah 10 tahun gak liat pantai hihii

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Konsumsi Madu Dimasa Pandemi dan Pancaroba

Review NPURE Centella Asiatica Face Essence untuk Wajah Berjerawat yang Aman Buat Ibu Hamil dan Ibu Menyusui ?

Tips Mengatasi Mata Panda Akibat Sering Begadang dengan  N’PURE Marigold Eye Serum Power Concentrate