Cerita Melahirkan Anak Kedua

Melahirkan anak kedua dengan pengalaman melahirkan anak pertama tentunya lebih merasa percaya diri walaupun tetap grogi dan banyak yang ditakuti.





Setelah dua prediksi HPL dari dua dokter terlewati tanpa ada kontraksi yang berarti, tinggal satu prediksi HPL dari satu dokter lagi, memang sengaja kontrol kehamilan USG dengan beberapa dokter agar mempunyai second opinion salah satunya prediksi HPL.

Tanggal HPL dokter ketiga pun terlewati, namun dengan tanda-tanda yang berarti. Kontraksi yang semakin menjadi, dan muncul flek darah dikeesokan hari ^^

HPL 10 Juni 2021, terjadi flek  darah pertama kali ditanggal 11 juni 2021.

Lusa dipagi hari keluar lagi flek darah yang kuantitasnya lebih tinggi, namun kontraksi tak terasa sampai siang hari.

Sore hari mulai ada kontraksi berkali-kali.

Namun siadek bayi ummi abi ajak negosiasi, agar jangan lahir malam ini ^^

pengalaman kelahiran mas Muhammad di malam hari, ummi ngantuk hampir ga sadar diri ^^ 

nego terus, biar lahir esok hari ^^

eh semalaman ummi sakit kontraksi berkali-kali....

tapi ummi pikir bukan kontraksi asli...

ummi tahan sampai esok pagi ^^

eh apasih ini cerita kok kayak pantun kayak gini...

he..

iya, jadi semalaman itu ummi sakit kontraksi berkali-kali.

tapi ummi tau sepertinya itu kontraksi palsu aja,

karena hilang timbulnya dengan jarak waktu yang lama.

masih bisa tidur nyenyak beberapa jam,lalu terbangun karena sakit lagi.

terus saja seperti itu semalaman.

pagi hari  ummi bilang yok kita pergi ke klinik saja.

Pagi hari sudah siap siaga menuju klinik.

koper, tas semua keperluan masuk mobil.

siap-siap mau melahirkan ceritanya...

Ummi berharap hari itu juga, jangan sampai ada drama kontraksi palsu berhari-hari...

maklum ini kan kontraksi alami tanpa induksi dan obat-obat lainnya...

.

Ummi berharap lahirnya hari ini, dengan tanda-tanda yang ada,

kontraksi dengan sakitnya lebih terasa sakit dari melahirkan pertama...

jam 10 pagi sampai klinik, dicek ternyata masih pembukaan 2 dari 10 pembukaan lengkap.

ummi bingung kenapa bisa, padahal sakitnya sudah luar biasa, 

apalagi kalau ingay, semalaman sudah ummi kontraksi berkali-kali.

ya walaupun kontraksinya masih berjeda.

ummi putuskan untuk banyak berjalan saja, tapi bosan kalau menunggunya di klinik. (alasan biar jalan+jajan)

biar agak keren, adem, tersedia makanan banyakkkkk...ummi minta abi jalan-jalannya di supermarket saja.

Jalan-jalan di supermarket, dengan sesekali kontraksi, muka kerut, jongkok, atau adegan lainnya. Luar biasa mencurigakannya juga ya,walaupun sepertinya orang sekitar tidak ada yang memerhatikan.

cuma berbekal dompet, tanpa bawa keranjang apalagi troli, ummi jalan kesana kemari...

ya memang tujuannya jalan-jalan sambil ngadem, kalau udah sakit banget baru ambil jajanan dan kabur ke parkiran. (ya pastinya bayar dulu)

saat ada kontraksi, bisa jongkok sambil liat-liat produk di etalase bawah ^^

sambil liat-liat perlengkapan bayi... yang bikin seneng hati walaupun tidak beli...

ngiler-ngiler di freezer eskrim... 

sampai milih-milih buah juga...

hampir satu jaman juga mondar mandir gajelas...

ummi cukupkan saja karena kontraksi mulai berarti...

beli eskrim coklat dan roti ^^udah itu aja...

(ada buah yang udah dipilih lupa diambil ^^)

masa iya mau belanja bulanan :)

.

sampai parkiran tepar diterpa kontraksi lagi.

yasudah kita kembali ke klinik saja, tiduran dan jalan-jalan saja disana. Apalagi sebentar lagi masuk jam shalat dhuhur dan makan siang.

Keseruan melahirkan kedua ini tentu adanya mas Muhammad,

debgan usia 2 tahun yang sedang aktif dan bawel-bawelnya.

kami sengaja membawa sepeda mas Muhammad biar dia tidak bosan dan biar bisa dikendalikan jika terlalu kesana kemari, kalau naik sepeda kan diam saja ga lari-lari ^^

Sesampainya diklinik langsung jalan-jalan lagi,

ditemani kesayangan mas Muhammad, eh dia yang lebih aktif kesana kemari.

Bukannya fokus jalan biar bukaan cepat, malah jalan ngejar ngawasi mas Muhammad yang kesana kemari.

Ummi cape kesana kemari, ingat jadwal mas Muhammad bobo siang juga, sekalian ummi jiga bobo siang cantik dulu sambil mempersiapkan tenaga untuk lahiran nanti,

ternyata tak sampai hati, kontraksi datang silih berganti.  Mas Muhammad pun maunya kesana kemari, lari sana lari sini... 

selesai abi shalat dan makan siang.

kontraksi semakin menjadi ^^

sakit pinggang belakang (apasih namanya) dan panas yang tak tertahan...untung ummi sudah punya antisipasi rasa nyeri...

apalagi kalau bukan dipijit abi ^^

terbukti mengurangi rasa sakit saat kontraksi semalam...

selain ngasuh mas Muhammad, juga mijitin ummi... wah semangat dan sabarnya abi... cie abi...

benar-benar sakit yang sepertinya tidak dirasakan saat kelahiran mas Muhammad...

setiap selesai kontraksi siap-siap mau tidur lagi,

eh datang lagi kontraksi, teriak manggilin abi biar mijitin lagi...

begitu saja sampai kontraksi datang bertubi-tubi

cek pembukaan masih pembukaan, katanya masih pembukaan 6....

ummi mulai mau mengeluh, kenapa sakit sekali, bisa tidak ya dibantu obat biar cepat,

maklum ini kontraksi alami saja ya, tanpa ada obat atau apa...

jadi ummi  dan abi pikir sepertinya bakalan malam lahirnya...

karena perkiraan itu rasanya kok lama sekali, dengan merasakan kontraksi sesakit itu rasanya ummi takut gakuat aja...

ummi masih melanjutkan merasakan kontraksi..sampai mau nangis  dan mau ngeluh tapi takut dicap ga sabar dan ga dapat pahala... ^^

ummi sabarin lagi, istigfar lagi...

ngemil kurma lagi...minum lagi....

oia...ummi dari pas ada keluar flek bener-bener rajin ngemilin kurma, ummi teringat kisah Maryam dalam Alquran yang saat mau melahirkan memakan kurma,

juga secara ilmiah kandungan kurma bagus ya...untuk ibu hamil, menyusui dan proses melahirkan, mungkin bisa searching aja ya...oke fokus ke cerita kontraksi aja lagi yok..ehhh

tiba pada....

waktu ummi benar-benar ga tahan, sakit bangetttttttttttt...

ada pikiran yok keluarin aja ngeden,.terus pikiran itu bener-bener dilakukan...

ummi ngeden sambil nahan-nahan karena kontraksinya makin tinggi dan ummi ragu-ragu...

rasanya campur aduk deh antara ngeden dan engga...

yaudah coba ajalah ngeden sakit kaliiiiiiii.....

sekuat tenaga, sambil cari pegangan, (dapet dong pegangan besi kasur, kenapa pas enak kali pegang itu ya)

dan byarrrrrr.....keluar air banyak...yapssss ketuban pecah...

abi pun sigap memanggil bidan... karena tadi pesan bu bidan kalau ketuban pecah, disuruh mengabari...

bidan dan suster pun berdatangan,

pas dicek katanya sudah pembukaan lengkap, kepala adek sudah keliatan...

mereka sibuk mempersiapkan ummi ^^

.

ummi seneng karena bentar lagi jumpa adek...seneng juga karena kontraksinya bakalan selesai kalau adek lahir,

dengan kesigapan para bidan dan suster...

ummi pun dengan posisi siap mengedan lagi...

ikut beberapa intruksi bidan dan suster dan beberapa kali salah...

salah posisi kaki,

salah posisi pantat ^^

salah nafas...

dll

dan alhamdulillah adek pun lahir ^^

dengan satu posisi ^^

masyaallah tabarakallah...

tak seperti kelahiran mas Muhammad, berganti-ganti posisi, berganti-ganti gaya ^^

oia...

ummi termotivasi saat abi bilang...

lagi adzan tuh,

ayo adeknya biar disambut dengan adzan...

ummi bener2 tergerak buat ngeluarin adek saat itu juga..dan atas izin Allah adek lahir saat adzan ashar berkumandang ^^

semoga menjadi anak solehah ya adek...yang umi dan abi beri nama Aisyah...

semoga senantiasa menjaga shalat 5 waktu, menjaga aurat, menjadi anak dan istri yang salehah ,qurrata a'yun, sukses dunia dan akhirat, masuk surga ^^.

melahirkan kedua dengan kontraksi yang rasanya lebih sakit, 

terutama sakit dibagian belakang pinggang...

apa namanya ya ?

atas izin allah...proses mengedannya tidak lama dari pembukaan lengkap.

juga jahitannya tidak seheboh saat mas Muhammad.

ya mungkin faktor jahitan tidak jadi juga ya, makanya gampang keluarnya..wallahua'lam... iya kata bidan ada jahitan yang tidak jadi dari jahitan mrlahirkan pertama.

ya intinya alhamdulillah sudah lancar lahirannya,

sehat adek bayi dan umminya ^^


Aisyah

Ahad, 2 Dzulkaidah 1442, 13/06/2021

Bulan kelahirannya sama dengan Mas Muhammad, cuma beda tanggalnya, mas Muhammad tanggal 27/06...

masyaallah...bisa begitu kuasa Allah...

semoga jadi anak yang soleh dan solehah ^^

anak-anak ummi...

mas Muhammad adek Aisyah...

masyaallah tabarakallah....


follow ummi di instagram yu

@ummu_muhammad_rinia






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review NPURE Centella Asiatica Face Essence untuk Wajah Berjerawat yang Aman Buat Ibu Hamil dan Ibu Menyusui ?

Dalgona Coffee : Kopi Asli

Kue Lebaran Simpel : Cokelat kokokrunch tanpa oven tanpa mixer