Hospital Bag : Perlengkapan persalinan yang harus dibawa saat ke Rumah Sakit untuk melahirkan

Daftar barang yang harus dibawa ke Rumah Sakit untuk persalinan
Ig : ummumuhammadrinia

Tas perlengkapan persalinan yang akan di bawa ke Rumah Sakit atau disebut juga hospital bag. Sebaiknya sudah dipersiapkan jauh-jauh hari dari hari perkiraan lahir (HPL), agar tidak dadakan jika kontraksi atau tanda kelahiran lainnya sudah datang.
Sebelum mempersiapkan hospital bag sebaiknya anda telah survei terlebih dahulu Rumah Sakit atau Klinik mana yang akan dijadikan tempat bersalin dan menanyakan apa saja yang disediakan disana. Misalnya, apakah menyediakan baju ibu selama di rumah sakit, baju bayi, sabun mandi dll, jadi jika sudah disediakan tidak perlu membawa lagi perlengkapan tersebut.
Bagi anda yang hamil anak pertama pasti bingung barang apa saja yang perlu dibawa ke Rumah Sakit. Menurut pengalaman pribadi, berikut perlengkapan yang harus di bawa saat ke Rumah Sakit  untuk persalinan normal :


  • Dokumen

·        Buku KIA
·        USG
·        Kartu Tanda Pengenal
·        Fotokopi KTP,KK
Dokumen tersebut digunakan untuk pendaftaran ibu di Rumah Sakit, pembuatan surat keterangan lahir, jika sudah ada nama untuk sang bayi, bisa disertakan nama si bayi di surat keterangan lahir tersebut.

·      Pakaian Berangkat ke Rumah Sakit (RS)
Baju yang dipakai saat ke RS juga perlu dipersiapkan, sehingga bisa ke RS dengan segera. Sebaiknya langsung memakai baju berkancing depan, pakai rok, khimar, kaos kaki, sandal yang nyaman, jika ditakutkan ketuban pecah diperjalanan, sebaiknya memakai popok dewasa agar tidak bocor-bocor, namun perlu diperhatikan perkiraan seberapa banyak air ketuban yang keluar jika memang sudah pecah ketuban duluan, hal tersebut bisa dilaporkan ke tenaga kesehatan saat akan dilakukan penanganan proses kelahiran bayi anda.
·      Tas Siaga
Berisi barang yang urgent saat proses melahirkan,seperti tisu, plastik kotor, snack , kurma, air mineral, air hangat, minyat relaxasi, juga baju ganti anda setelah melahirkan, tidak lupa stagen perut jika mau pakai, karena pemakaian stagen itu kontropersi, kalau saya pribadi merasa nyaman memakai stagen dan memakainya pun tidak terlalu ketat. Kurma masuk dalam daftar yang harus dibawa karena terinspirasi dari kisah Maryam saat melahirkan memakan kurma, namun dibalik itu kurma juga banyak manfaatnya bagi ibu mengandung & menyusui.

·      Koper
·      Perlengkapan Ibu
Baju ganti selama 3 hari, Celana dalam, Stagen, BH menyusui, breast pad, kain jarit, sarung, khimar, dalaman khimar, kaos kaki, handuk, perlengkapan mandi, make-up, popok dewasa, pembalut setelah melahirkan matternity

·      Perlengkapan bayi
Perlak plastic
Selimut
Bedong
Topi
Gurita ( pro kontra, kalau saya pribadi awalnya tidak mau pakai jadi tidak membawa, saat di klinik diminta oleh bidan, gurita juga bisa menahan tali pusar bayi agar tidak tertarik atau lepas dari kain kasanya sebelum kering dan copot sendiri, pemakaian gurita sudah tidak direkomendasikan oleh banyak dokter anak, bayi saya saat pakai gurita gumohnya menjadi lebih sering)
Popok kain (tidak perlu bawa jika bayi mau langsung dipakaikan popok sekali pakai)
Popok + Tisu basah (tanpa kandungan alcohol dan parfum)
Baju ganti
Baju kodok
Kaos kaki
Sapu tangan
Gendongan
Perlengkapan mandi (sabun mandi, shampoo, minyak bayi)
Skincare (Lotion2, Minyak telon, cotton bud)
Botol dot + Susu formula ( Antisipasi jika ASI masih susah keluar)


·      Perlengkapan pendamping
Uang cash
Charger HP
Bantal
Selimut
Baju + celana + dalaman ganti
Jaket

·        Dan lain-lain
Jika akan menerima kunjungan tamu selepas melahirkan di rumah sakit, perlu disiapkan juga air mineral gelas atau botol 1 dus beserta cemilan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Konsumsi Madu Dimasa Pandemi dan Pancaroba

Review NPURE Centella Asiatica Face Essence untuk Wajah Berjerawat yang Aman Buat Ibu Hamil dan Ibu Menyusui ?

Tips Mengatasi Mata Panda Akibat Sering Begadang dengan  N’PURE Marigold Eye Serum Power Concentrate